Rencong, Senjata Tradisional Aceh

Unik Informatika - Rencong...pernah anda mendengar kata nama benda itu? tahukah anda benda apa itu? berasal dari mana? ya..rencong adalah senjata tradisional yang sangat barharga semacam belati atau keris tepatnya berasal dari provinsi ACEH, menarik bukan?
maka sari itu ACEH memiliki sebutan 'Tanah Rencong', Rencongitu berbentuk seperti huruf 'L', yang memiliki sarung dan mata yang sangat tajam, yang menariknya mata 'pisau' ini berbentuk lengkung-lengkung dan bisa juga lurus seperti pedang, jadi rencong memiliki 2 bentuk mata.
Sarung Rencong sendiri bisa terbuat dari kayu, gading gajah, tanduk binatang, bahkan bisa saja dari perak dan emas. Rencong sendiri memiliki tingkatannya, yang dipakai oleh raja, sarung nya terbuat dari emas, perak atau gading gajah serta bermata emas dan bertulisan sekutip ayat suci Al-Qur'an.
Diriwayatkan, rencong itu dihubungkan dengan kekuatan mistik sehinggga masih dihubung-hubungkan dengan upacara adat tradisional Aceh sendiri dan rencong mewakili simbol basmallah yang berasal dari kepercayaan agama Islam sebagai agama Islam.
Rencong sendiri biasa dipakai di bagian perut yang diselipkan pada sabuk atau bagian yang melilit dipinggang...sehingga pemakai terlihat berkharisma tinggi.
Sungguh senjata yang unik..:D Jadi bangga jadi Orang Aceh...:D

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment