Tomcat, si Kecil yang Berbahaya

Unik Informatika - Serangga Tomcat atau bisa disebut Semut Semai atau dalam bahasa ilmiahnya Paederus littoralis atau disebut juga Kumbang Rove (Rove Beetle) termasuk dalam keluarga Kumbang, serangga ini adalah seranggga yang hidup dari 200 juta tahun yang lalu.
Tomcat tidaklah menggigit dan menyengat melainkan mengeluarkan cairan yang secara otomatis akan keluar dari tubuhnya jika bersentuhan dengan benda dan tubuh manusia, gawatnya cairan ini 12 kali lebih kuat dari bisa dari hewan ular kobra. Cairan ini disebut juga dengan cairan "aederin" .
Serangan Tomcat sekarang sedang marak di Indonesia, sebagian bagian pada Pulau Jawa sudah terkena wabah Tomcat ini, tidak kita sangka bukan? sekecil ini bisa berbahaya 12 kali dari ular kobra? saya juga begitu, kawan...:D.
Berawal dari Kota Surabaya hingga ke daerah yang terdekat dengan kota ini.

Pencegahannya bisa dengan cara berikut :
1. Matikan lampu pada rumah anda yang tidak terpakai, karena si kecil Tomcat sungguh menyukai tempat yang terang.
2. Jangan menggunakan pakaian yang terbuka yang bisa menyebabkan anda kontak fisik langsung dengan Tomcat ini.
3. Pada jendela rumah dan kamar anda sebaiknya dipasamg kasa atau kawat nyamuk, yang mencegah Tomcat keluar dan masuk sesuka hati dia.
4. Jangan biarkan anak-anak bermain dekat dengan tanaman, karena sarang Tomcat ya disitu, mas bro.
5. Jika anda memiliki tanaman tidak terawat, buanglah segera dari tempat anda, karena sarang Tomcat di tanaman tidak terawat biasanya.

Sekian kawan, terima kasih atas kunjungan nya.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment