Cara Menginstall Windows dari Harddisk Eksternal

unik informatika ibal milan
Unik Informatika - Pernah tidak melihat orang menginsatall windows dari Harddisk External? Pernah lah pastinya kan sob, pengen tau bagaimana cara menginstall nya? di posting saya kali ini saya akan membahas tutorial Cara Menginstall Windows dari Harddisk Eksternal.

Menarik bukan?? Nah, ingat cara ini hanya ampuh untuk penginstalan Windows 7 dan Windows Vista saja, kalau untuk Windows XP harus menggunakan pihak ketiga yaitu software untuk mengkonvert file Instalasi ke dalam bentuk yang kita perlukan untuk instalasi Windows pada kebiasaan.

Simak baik-baik ya, tapi saya akan berbasa-basi sedikit, begini sob, menginstall windows dari harddisk eksternal itu lebih gampang dan cepat daripada kita menginstall windows dari Flashdisk, ya karena itu tadi karena proses penginstalan nya lebih cepat, lalu bagaimana kita stell pengaturannya sehingga bisa boot dari Harddisk eksternal, jadi langsung aja ke tutor nya ya, cekidottt :

1. Copy kan semua file DVD Installer Windows ke dalam Harddisk eksternal, tapi copy nya harus ke root nya jangan ke dalam folder lagi sob, biarkan lepas aja di root nya.

2. Kalau sudah tercopy, sobat pasti menemukan sebuah file yang bernama 'bootmgr', nah file tersebut diubah menjadi 'ntldr', bisa kan?

3. Kalau sudah proses rename nya, sekarang sobat ke control panal > administrative tools > computer management > disk management dan pilih partisi tempat harddisk eksternal sobat.

4. Klik kanan pada partisi tersebut dan pilih 'mark partition as active', tapi pastikan dulu Harddisk Eksternal anda berformat NTFS.

5. Kalau sudah selesai, Restart komputer anda dan masuk ke setup bios, kalau shortcut bios nya tergantung pada motherboard yang anda pakai, kalau admin sih Intel pake F2.

6. Setelah berhasil masuk ke setup bios nya lalu cari menu untuk pengaturan boot seq, dan aturlah supaya first booting nya dari Harddisk Eksternal itu.

7. Save dan Exit, dan komputer anda akan terestart otomatis dan proses instalasi akan terjadi otomatis.

8. Setelah itu anda hanya akan melihat tampilan seperti instalasi pada kebiasaannya.

9. Kalau misalkan, windows menanyakan source nya pilih aja browse ke root Harddisk eksternal anda.

10. Tunggu sampai selesai.

note : 
> jangan salah memilih ketika windows menanyakan tempat penginstalannya, pilihlah pada Harddisk PC anda bukan di Harddisk eksternal anda.
> ketika proses penginstalannya harddisk jangan dicabut.
> setelah instalasi rubah first boot nya ke harddisk PC, bisa dilakukan dengan cara ke 5, 6, 7.

Mungkin itu saja tutorial yang dapat saya berikan, terima kasih atas kunjungan anda semua.
Semoga anda betah berlama-lama disini ! :D

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment